Perlu dicatat bahwa design system yang baik juga mencakup konvensi penamaan, struktur file, dan ‘formalitas’ lainnya yang bekerja di lingkungan digital. Jasa Digital adalah jasa yang dikirim melalui internet atau jaringan elektronik, bersifat otomatis atau hanya melibatkan sedikit campur tangan manusia, dan tidak mungkin untuk memastikannya tanpa adanya teknologi informasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada pelayanan jasa berbasis piranti lunak. 6. Akses terhadap jasa pialang (broker) serta jasa penitipan dan administrasi investasi (bank kunstodian). 3. Memiliki akses terhadap sumber-sumber informasi, seperti informasi bursa untuk memantau harga-harga instrumen serta berita-berita berkaitan dengan kondisi pasar investasi reksadana. Dengan besarnya dana yang ada di Reksadana, maka akses untuk melakukan diversifikasi investasi semakin besar. Reksadana bisa mewujudkannya karena dana yang terbatas yang dimiliki investor oleh kecil, setelah digabungkan oleh manajer investasi, dapat digunakan untuk melakukan investasi dalam skala besar (skala ekonomi) dan menyebar. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi itu, tentu saja reksadana harus memiliki keunggulan tertentu pula. Karena memilih portofolio campuran, maka penghasilan yang akan di dapat akan moderat, yaitu lebih rendah dari reksadana saham, namun lebih tinggi dari reksadana pendapatan tetap (fix income).

Sedangkan bunga dihasilkan dari investasi berupa deposito dan obligasi.

Daya tarik reksadana dengan portofolio demikian adalah keamanannya lebih terjamin karena perusahaan manajer investasinya mendapatkan penghasilan tetap dari bunga obligasi dan dividen saham preferen. Jadi, meskipun reksadana ini memiliki nama reksadana fix income, jangan diartikan bahwa reksadana ini akan memberikan penghasilan tetap kepada investornya. Faktor yang menarik dari reksadana yang memiliki portofolio saham biasa adalah biasanya reksadana ini memiliki sasaran pertumbuhan (akan dibahas setelah ini). Sedangkan bunga dihasilkan dari investasi berupa deposito dan obligasi. Reksadana kontrak investasi kolektif bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut diinvestasikan oleh manajer investasi dalam instrumenefek dipasar modal (seperti ; saham, obligasi) maupun dipasar uang (seperti, sertifikat deposito, SBI). Kontrak investasi kolektif (KIK) adalah kontrak antara manager dengan bank custodian yang mengikat unit penyertaan dimana menajer investasi diberi wewenang untuk mengolola portofolio investasi kolektif dan custodian diberikan wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif. Dilihat dari aspek bnetuk hukumnya, reksadana yang berbentuk perseroan dan bersifat terbuka (open-end investment company) merupakan perseroan terbatas yang didirikan dengan maksud dan tujuan usaha tunggal yaitu reksadana dan harus tunduk pada UU perseroan Batas No. Sasaran ini akan membedakan reksadana yang satu dengan yang lainnya sehingga investor bisa memilih sesuai dengan tujuan investasinya. Demikian pula jika investor ingin menarik kembali investasinya, maka Manajer Investasi bersedia membeli kembali unit penyertaan tersebut sesuai dengan nilai aktiva bersih (NAB) yang ditetapkan pada hari itu.

Unit penyertaannya hanya dapat dijual di bursa efek dengan harga jual dibawah nilai aktiva. Risiko kredit adalah risiko yang timbul pada efek utang dan instrumen pasar uang karena penerbit utang. Fee merupakan biaya transaksi, yang mana, pada penawaran umum biasanya dibebaskan, baru setelah penawaran umum dkenakan biaya antara 0%-2% dari niali uang yng ada di investasikan. Disebut terbuka karena tipe reksadana ini membuka kesempatan bagi investor baru yang akan melakukan investasi setiap saat dengan membeli unit-unit penyertaan reksadana. Selanjutnya, ditambah dengan NAV sebelumnya, sehingga menghasilkan NAV baru. Dari formula(rumus) tersebut menunjukkan bahwa untukmenghitung NAV pada hari tertentu (t day), terlebih dahulu dicari perubahan bersih NAV yang terjadi sampai hari itu (NCIN), yang mana itu diperboleh dari perhitungan NAV sebelumnya. NAV yang dihitung disini adalah NAV per saham, demikian pula NCIN juga dihitung per satu saham. NII (Net Investment Income) merupakan pendapatan total reksadana baik deviden dan/bunga dari hasil investasiatas efek di pasar modal maupun pasar uang dikurangi dengan biaya biaya operasional yang telah dikeluarkan dalam rangka investasi pada saham yang kemungkinan memberikan pendapatan berupa deviden.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan investor menderita rugi jika perusahaan penerbit reksadana itu bangkrut. Namun, investor akan menghadapi kemungkinan mendapatkan dividen dan pendistribusian capital gain yang rendah. Disini berarti ada capital gain sebesar Rp 700 (Rp. Realized Capital Gain adalah Capital Gain (keuntungan pemegang reksadana) yang telah terealisasi. 8500 – Rp. 7200) yang belum terealisasi. 4. Menguasai manajemen portofolio investasi untuk mengelola suatu portofolio investasi yang terdiversifikasi. Formula sebagaimana yang tersebut diatas mengandung makna bahwa investment merupakan dana yang akan kita investasikan kepada reksadan (untuk selanjutnya jika dikatakan reksadan berarti yang dimaksudkan adalah KIK). Net investment income dihitung dari per share. Devident Income (DI) merupakan deviden per saham yang dibagikan kepada para pemegang saham, jika ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.