Jangan khawatir. Walaupun rumus VLOOKUP kelihatannya ribet, tapi sebetulnya cara menggunakannya cukup mudah kok. 4. Menyampaikan laporan kepada Bapepam-LK dan Manajer Investasi sesuai dengan tata cara pelaporan, sesuai dengan Peraturan Bapepam-LK Nomor X.D.1. Untuk dapat menjalankan usaha sebagai perseroan Reksadana, maka perseroan tersebut harus memperoleh izin usaha dari Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal), segala persyaratan dan tata cara perizinan Reksadana ini diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Reksadana tertutup yang berbentuk perseroan (close-end investment) company, merupakan persoroan terbatas yang didirikan dengan maksud tujuan usaha adalah reksadana dan mendapat izin dari Bappepam. Merupakan perseroan terbatas yang telah memiliki izin usaha dari bappepam yang akan mengelola dan bertanggung jawab atas dana para pemegang saham reksadana. Sebagai wadah profesional (Manajer Investasi) berrarti pengelola Reksadana dilakukan oleh perusahaan yang telah mendapat izin dari Bapepam-LK sebagai Manajer Investasi. Sedangkan, reksadana tertutup adalah reksadana yang dapat menawarkan saham kepada masyarakat pemodal tetapi dapat dibeli kembali saham-sahamnya yang telah dijual kepada masyarakat pemodal, proses jual beli – saham hanya dapat dilakukan di bursa efek tempat saham reksadana tersebut tercantum.

7200 per saham, pada saat penghitungan NAV harga penutupan saham BNNI adalah Rp 8500 per saham.

Proses jual beli saham ini dapat dilakukan di Over The Counter market (OTC) atau bursa efek. Capital gain yang dimaksud disini berbeda dengan capital gain distribution, melainkan selisih antara harga beli dan harga jual saham yang bersangkutan dibursa efek. Sedangkan Net Capital Gain (NCG) merupakan capital gain yang baik telah terealisasi maupun yang belum tereaisasi dari transksi efek yang terjadi. 8500 – Rp. 7200) yang belum terealisasi. 7200 per saham, pada saat penghitungan NAV harga penutupan saham BNNI adalah Rp 8500 per saham. Untuk lebih memahami kaedah tersebut diberikan contoh: perusahaan reksadan berinvestasi pada saham BNNI yang dibeli pada harga Rp. Dengan berinvestasi di Reksadana, anda cukup menyetorkan dana dan biarkanlah Manajer Investasi yang menyusun investasi anda. Saat itu, produksi/instrumen investasi yang diterbitkan adalah “sertifikat danareksa”, yang merupakan instrumen yang sama dengan mutual fund (reksadana), dimana sebagian besar portofolionya ditanamkan pada instrumen surat hutang (obligasi) dan pasar uang.

Daya tarik reksadana dengan portofolio demikian adalah keamanannya lebih terjamin karena perusahaan manajer investasinya mendapatkan penghasilan tetap dari bunga obligasi dan dividen saham preferen. Dengan investasi berskala ekonomi dan menyebar inilah dimungkinkan mendapatkan penghasilan yang maksimal, dengan biaya minimal. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi itu, tentu saja reksadana harus memiliki keunggulan tertentu pula. Begitu juga dilihat dari investor, juga dapat menjual kembali unit penyertaannya kepada Manajer Investasi (MI) kapan saja jika diinginkan. Sesuai dengan tugasnya, tentu saja keahlian reksadana adalah bagaimana melakukan portofolio atas investasinya, agar bisa memberikan hasil yang tinggi bagi investornya. Demikian pula jika investor ingin menarik kembali investasinya, maka Manajer Investasi bersedia membeli kembali unit penyertaan tersebut sesuai dengan nilai aktiva bersih (NAB) yang ditetapkan pada hari itu. Pada reksadana, manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam “Nilai Aktiva Bersih” (NAB) Reksadana tersebut. 3. Menerima imbalan dalam bentuk apapun, baik langsung maupun tidak langsung yang dapat mempengaruhi Manajer Investasi yang bersangkutan atau pihak afiliasinya untuk menjual efek atau reksadana.

Dilihat dari aspek bnetuk hukumnya, reksadana yang berbentuk perseroan dan bersifat terbuka (open-end investment company) merupakan perseroan terbatas yang didirikan dengan maksud dan tujuan usaha tunggal yaitu reksadana dan harus tunduk pada UU perseroan Batas No. Memiliki unit penyertaan reksadan dengan tujuan khusus berbentuk kontrak investasi kolektif yang dikelolanya paling kurang sejumlah satu unit penyertaan. Rreksadana jenis ini tidak dapat membeli saham saham nya yang telah dijual kepada pemodal, atau pemodal tidak dapat menjual saham saham yang telah dibeli kepada reksadana yang bersangkutan kecuali melalui bursa efek dengan harga berdasarkan mekanisme pasar. Sedangkan, reksadana kontrak investasi kolektif (KIK) adalah instrumen penghimpun dana dengan penerbitan unit penyertaan kepada masyarakat pemodal dan selanjutnya dana tersebut diinvestasikan pada bagian jenis yang diperdagangkan di pasar modal dan pasar uang. Efisiensi waktu. Dengan investasi pada Reksadana dimana dana tersebut dikelola oleh Manajer Investasi profesional, maka pemodal tidak perlu memantau kinerja investasinya. 3. Memiliki akses terhadap sumber-sumber informasi, seperti informasi bursa untuk memantau harga-harga instrumen serta berita-berita berkaitan dengan kondisi pasar investasi reksadana. 1. Mencatatkan dan menympan segala bentuk pertimbangan pengambilan keputusan dalam investasi portofolio reksadana, sebagaimana ditetapkan kebijakan investasi yang tlah dimuat dalam kontrak, sesuai dengan perundangan-undangan di bidang Pasar Modal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.