Reksadana syariah berbda dengan rekasadana konvensional dalam operasionalnya. Islamic fund hanya dibolehkan melakukan penempatan pada saham-saham dan instrumen lain yang halal. Hal yang paling tampak adalah proses screening dalam mengkonstruksi portofolio. Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana juga berharap sentimen Rusia dan Ukraina akan mendongkrak IHSG, sehingga ekonomi Indonesia terimbas hal positif. Dari kegiatan tersebut PT Reksadana akan memperoleh keuntungan dalam bentuk peningkatan nilai aset perusahaan (sekaligus nilai sahamnya), yang kemudian juga akan dapat dinikmati oleh para investor yang memiliki saham pada perusahaan tersebut. Reksadana terproteksi juga ikut memberikan andil pada pertumbuhan industri ini di 2010 dan pasar uang meski relatif kecil, Kenaikan indeks ini tertinggi di Asia bahkan global. Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menjelaskan, minat investasi reksadana pasar uang sudah tinggi sejak tahun lalu. Fadil mengatakan dampak krisis utamanya dirasakan oleh industri atau produsen yang mengandalkan pasar utama Amerika Serikat (AS) dan yang produknya mengandung banyak komponen impor.

Search Engine Optimizer

Adapun dari sentimen global, kenaikan inflasi Amerika Serikat (AS) April yang mencatat rekor tertinggi ke level 4,2 persen secara tahunan (YoY). Pastikan juga imbal hasil rata-rata tahunan produk tersebut di atas inflasi. Seluruh jenis reksadana, mampu mencetak imbal hasil (return) positif. Itu sekaligus memicu kenaikan imbal hasil obligasi AS (US Treasury) dan sempat menyentuh level 1,7 persen beberapa waktu lalu. Pada waktu itu PT. Pertama kali dikenal terbit dengan nama Massachusetts Investors Trust yang diterbitkan tanggal 21 Maret 1924 ini adalah jenis reksa dana yang bisa dibilang muncul pertama di zaman modern meskipun pada masa-masa awal tahun 1744 yang didirikan oleh seorang Adriaan van Ketwich. Sebuah perkembangan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan pada saat Massachusetts Investors Trust diterbitkan yang “hanya” $392.000. Sumber dai luar tidak mungkin selamanya diandalkan untuk pembangunan.

Reksa Dana Tertutup (Close-End Funds) yang menerbitkan saham/unit penyertaan dan menjualnya kepada investor namun tidak memiliki kewajiban untuk membeli saham/unit. 4. Risiko Default Risiko Default terjadi jika pihak Manajer Investasi tersebut membeli obligasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan padahal sebelumnya kinerja keuangan perusahaan tersebut masih baik-baik saja sehingga pihak emiten tersebut terpaksa tidak membayar kewajibannya. Sumber dana berasal dari dana yang dihimpun dari masyarakat yang terdiri dari individu, perusahaan dan lembaga lain. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan perekonomian masyarakat kembali hidup atau bahkan melampaui periode sebelumnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga dengan memiliki saham dari PT Reksadana, investor memiliki hak atas kepemilikiakn PT tersebut. Reksa Dana wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolionya dan biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau keuntungannya, biaya, dan risiko setiap saat.

3. Penyimpanan kekayaan reksa dana didasarkan pada kontra antara manajer investasi dengan bank kustondian. Entah keluarnya karena dipaksa untuk berobat saat sakit, dilanda musibah lain, atau perkara lain yang memaksa kita untuk mengeluarkan harta yang sebetulnya bukan hak kita tapi malah disimpan untuk memperkaya diri sendiri. Tidak seperti MMF, FIF dan EF yang memiliki batasan dalam alokasi investasi yang boleh dilakukan, rekasadana canmpuran dapat melakukan invesatasinya baik pada efek utang maupun ekuitas dan porsi alokasi yang lebih fleksibel. Dimana The Fed akan menghentikan program pembelian obligasi dan mulai menaikkan bunga untuk meredam laju inflasi AS. Lihat saja saat ini deposito satu tahun hanya memberkan bunga pada kisaran 8%-11,5% belum dipotong pajak pendapatanbunga deposito sebesar 20%, sebaliknya reksadana memberikan rate of return lebih tinggi misalnya saja Trimegah Dana Tetap yang mberikan tingkat keuntungan 17% ataupun BNI Dana Berbunga Dua sebesar 17,45% dan keuntungan tersebut sudah bersih dari faktor pajak. 1997 jumlah reksadana 67 unit dengan 20.603 investor dan jumlah aset Rp 6,6 triliun. Akhir juli 1996 jumlah reksadana telah menjadi 5 unit dengan investor sebanyak 1.441. akhir desember 1996 reksadana telah berkembang menjadi 24 unit dengan jumlah investor3.241. Dalam konteks perencanaan keuangan, reksadana saham cocok untuk investor pemula dengan profil agresif yang bisa menerima risiko fluktuasi harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.