Contoh mudahnya adalah kamu berinvestasi dalam instrumen Reksadana saham. Tambahan pula, pasar saham yang sangat fluktuatif membuat nyali para investor ciut untuk ikut bermain di dalamnya. Risiko ini berkaitan dengan fluktuasi nilai tukar mata uang domestic dengan nilai mata uang negaranya. Risiko ini berkaitan dengan kestabilan politik serta kondisi lingkungan perekonomian di suatu Negara. Manajer investasi akan melakukan diversifikasi portofolio investasi untuk meminimalkan risiko investasi yang mungkin terjadi. RDPU tidak hanya berinvestasi pada instrumen deposito tetapi juga dalam bentuk SBI maupun surat utang jangka pendek (kurang dari satu tahun) sehingga memberikan penyebaran risiko yang lebih baik dan potensi hasil yang lebih tinggi. Intinya high risk high return dan jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya melalui Perusahaan Manajemen Investasi (Mutual Fund). Mudah saja, sebagai manusia biasa kamu pasti ingin punya rumah sendiri. Pada posting kali ini, saya ingin memaparkan jenis investasi reksadana. Sudah setahun ini saya mulai ikut investasi reksadana, jauh sebelum mengenal saham. Akan jauh lebih baik jika kamu juga punya sumber penghasilan tambahan bukan hanya dari pekerjaan tetap.

Uang tersebut akan menghasilkan uang lainnya dan membuat keuntunganmu jadi bertambah banyak. Raihlah mimpi-mimpimu dengan uang hasil keuntungan investasi yang sudah kamu lakukan. Dalam manajemen investasi tingkat keuntungan investasi disebut sebagai return. Sangat disayangkan jika kamu tidak berinvestasi sejak usia muda dimana kamu masih sangat produktif dan bisa mendapatkan active income dalam jumlah besar. Adanya peningkatan nilai dalam persediaan barang-barang yang masih belum terjual, yang kemudian di akhir tahun terjadi penghitungan pendapatan nasional terhadap bahan mentah dan juga barang yang masih dalam proses produksi. Seseorang yang bijaksana akan berpikir bagaimana meningkatkan taraf hidupnya dari waktu ke waktu atau setidaknya berusaha bagaimana mempertahankan tingkat pendapatannya yang ada sekarang agar tidak berkurang di masa yang akan datang. Reksadana Saham (RDS) adalah reksadana yang menempatkan investasi sekurang-kuranya 80 persen dari portofolio yang dikelolanya ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Setelah tahu total pendapatan dan menentukan jumlah pengeluaran, maka kamu tahu sisa dana yang tidak digunakan dan bisa disisihkan untuk investasi. Berbeda dengan efek pendapatan tetap, seperti deposito dan obligasi yang memberikan pendapatan bunga, efek saham memberikan potensi hasil dari capital gain, yaitu dari kenaikan perubahan harga saham. Di Indonesia, investor individu yang ikut berkecimpung di bursa saham masih relatif sedikit.

Saat ini ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa kamu manfaatkan.

Apalagi jika pemasukan masih pas-pasan sehingga sulit sekali rasanya untuk berinvestasi. Demi bisa konsisten berinvestasi maka kamu memang harus punya niat besar terlebih dahulu. Alasan utama orang berinvestasi adalah untuk memperoleh keuntungan. Kemungkinan kerugian yang di derita perusahaan karena keuntungan yang di peroleh lebih kecil dari keuntungan yang di harapkan. Kamu bisa menikmati keuntungan besar dan mendapatkan simpanan dana untuk dinikmati di masa depan. Asalkan kamu pandai mengatur keuangan dan tahu berapa banyak persentase uang yang bisa diinvestasikan. Investasi akan menjadi pilihan tepat agar manajemen finansialmu bisa berjalan optimal dan stabil sampai tujuanmu tercapai. Saat ini ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa kamu manfaatkan. Bila perspektif jangka pendek yang dipakai, memang fluktuasi harga saham dapat membuat investor ngeri untuk menempatkan dana pada pasar saham. Pemasukanmu bertambah dan asetmu juga terus meningkat misalnya dari Reksadana saham juga investasi lain hasil diversifikasi.

Uang yang kamu investasikan ke instrumen tertentu, misalnya Reksadana saham, akan bekerja untukmu. Misalnya dengan bekerja freelance atau bisnis sampingan. Investasikan uangmu dan biarkan uang tersebut bekerja untukmu. Kamu harus konsisten dalam mengalokasikan uangmu untuk kebutuhan investasi. Portofolio reksadana tersebar ke dalam banyak obligasi dari berbagai perusahaan. Avarik Saga meyakini bahwa ke depannya di lanskap Web3 akan muncul lebih banyak game-game berkualitas dan GameFi berbasis blockchain. Di lain pihak, potensi peruntungan RDPU jenis ini juga terbatas. Banyak yang memilih menghabiskan uang gaji tanpa investasi, padahal investasi ini sangat penting untuk dilakukan. Alokasi dana untuk investasi ini memang cukup menantang karena seringkali kita tergoda untuk menghabiskan uang demi memenuhi berbagai kebutuhan. Pengetahuan dan pemahaman yang cukup akan membantu investor dalam mempertimbangkan suatu alternative investasi. Sayangnya milenial tidak memiliki kesadaran yang cukup akan pentingnya investasi. Tentu saja tidak! Kamu harus mempersiapkan dana masa tua sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.