Manajemen Bisnis: USAHA KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN

Jika saat ini teknologi informasi yang berbasis komputer sudah tidak asing lagi dipergunakan dalam dunia bisnis, maka tidak ada salahnya jika usaha kecil juga menjalankan usahanya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, tentu disesuaikan dengan kebutuhannya yang paling relevan. Jika Anda berhasil membuat pembaca terpukau dengan tulisan, gambar yang digunakan dan segala argumen yang Anda sampaikan, pembaca mungkin akan mulai masuk dengan tahap diskusi perihal harga. Tentukan jam buka dan tutupnya secara konsisten agar pelanggan tahu kapan harus ke toko Anda. Sebisa mungkin toko sembako Anda menyediakan barang yang mereka butuhkan. Memperhitungkan modal secara tepat adalah upaya Anda agar bisa meminimalisir kerugian yang semestinya bisa dicegah sejak awal. Namun Anda tidak bisa mengharapkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan membuka toko di pinggir jalan yang menjaring banyak konsumen. Selain lokasi yang strategis, Anda juga perlu untuk memperhatikan letak toko. Bisnis sembako adalah contoh usaha modal kecil yang bisa Anda jalankan dengan mudah. Membuka tempat les bisa dilakukan dengan jadwal yang disesuaikan dengan aktivitas Anda dan anak didik.

1.Inovasi dalam teknologi yang dengan mudah terjadi dalam pengembangan produk. Faktor-faktor yang mendorong kepada keberhasilan inilah yang selalu diusahakan untuk dilakukan oleh seorang wirausaha atau entrepreneur. Seorang sales harus mampu mengajak yang lain untuk bisa bergabung dalam proses penjualan produk perusahaan guna meningkatkan tingkat penjualan. Dari segi keuangan, jika diperlukan, usaha kecil juga melakukan proses audit dari waktu ke waktu agar evaluasi atas keberhasilan usaha yang dijalankan juga bisa dilihat secara profesional. Kreitner (1995)-adalah sebuah proses di mana seseorang atau sebuah organisasi menjawab peluang sekalipun ketersediaan sumber daya yang dimiliki­nya terbatas. Apabila keuntungan ini dibagi rata ke 20 orang pelaku usaha kecil, maka jumlah penghasilan untuk masing-masing orang per tahun adalah sebesar 20 juta rupiah atau sekitar 1,7 juta per bulannya. Pengertian usaha kecil antara definisi Kementerian KUKM, kementerian Keuangan dan Biro Pusat Statistik, maka pengertian usaha kecil dapat didefinisikan sebagai usaha yang dijalankan oleh sejumlah orang (di bawah 20 orang) di mana usaha tersebut memiliki kekayaan bersih maksimal sebesar 200 juta rupiah dan penghasilan tahunan maksimal sebesar 1 miliar rupiah.

Jadi ibu rumah tangga itu tidak mesti hanya menjalankan tugas-tugas rumah saja.

Kriteria lain untuk industri dan dagang kecil adalah dari jumlah penjualan per tahun di bawah 1 miliar rupiah. Departemen Perindustrian dan Perdagangan juga memberikan batasan yang sama dalam membagi skala usaha, yaitu industri mikro (1-4 pekerja), industri kecil (5-19 pekerja), dan industri menengah (20-99 pekerja). Seandainya Anda tidak bisa menghargai waktu, misalnya sehari buka sehari berikutnya tutup atau bukanya terlalu siang dan nutupnya terlalu awal sama saja Anda menutup pintu rejeki Anda sendiri. Ada banyak contoh yang dapat Anda pelajari dalam dunia internet untuk memudahkan diri sendiri. Satu hal yang perlu menjadi perhatian menyangkut produk yang Anda jual adalah perilaku pelanggan. Namun jika dana hanya cukup untuk membeli barang dagangan. Jadi ibu rumah tangga itu tidak mesti hanya menjalankan tugas-tugas rumah saja. Dikutip oleh Kreitner (1995), ada anggapan bahwa 80% dari usaha kecil di Amerika yang dijalankan akan mengalami kegagalan setelah berjalan selama 5 tahun. Jika usaha kecil dijalankan secara profesional, akses dana dan akses pasar bagi usaha kecil nampaknya tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Tanpa mengabaikan bahwa definisi kecil dan besar dalam hal gaji cenderung bersifat relatif, akan tetapi dengan memahami pengertian maksimal dari pengertian usaha kecil sebagaimana telah diterangkan di atas, di mana pendapatan maksimum usaha kecil yaitu 1 miliar per tahun dan usaha dijalankan tnaksimal oleh 20 orang. Pengertian ini sering dipertukarkan dengan istilah usaha mikro. Pada dasarnya semakin luas jaringan yang dapat dibangun oleh usaha kecil, dari mulai jaringan dengan pemasok, investor, pelanggan, hingga berbagai pihak terkait, semakin besar peluang usaha kecil untuk mengembangkan usahanya dalam jangka panjang. Misalnya membuat rak kayu sendiri, dekorasi tempat seperlunya, memanfaatkan bangunan rumah yang sudah ada dan lain sebagainya. Saat pandemi covid-19, orang-orang mulai sadar untuk menanam di rumah. Apalagi jika rumah Anda tempatnya cukup strategis seperti pinggir jalan raya atau pemukiman padat penduduk. Umumnya toko sembako tidak susah mencari pelanggan asalkan tempatnya strategis. Anda bisa mengundang kerabat dan para tetangga untuk syukuran guna meresmikan toko sembako Anda. Selain itu pilihlah lokasi yang ramai. Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk memulai usaha Anda. Order yang banyak akan menguji kemampuan mereka memproduksi dalam jangka waktu tertentu.

Tinggalkan komentar