asset management Berbeda dari reksadana pada umumnya, Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif RDPT hanya ditawarkan secara terbatas hanya kepada Pemodal Profesional dan dilarang ditawarkan secara ritel melalui Penawaran Umum. RDI juga dapat dibeli dan dijual sewaktu-waktu di bursa saham pasar modal. Risiko likuiditas merupakan kesulitan yang dihadapi oleh Manajer Investasi apabila sebagian besar pemegang unit melakukan penjualan kembali (redemption) atas unit-unit yang dipegangnya. Pada reksadana ini sebagian besar dari dana dikelola secara pasif, yang berarti tidak dilakukan jual beli di bursa, kecuali ada redemption atau subscription baru. Umumnya, seorang Manajer Investasi telah mendapatkan standarisasi tertentu yang membuat mereka memiliki track record yang baik, mampu memberikan informasi produk reksadana secara transparan, serta mempunyai kredibilitas tinggi. Tidak hanya itu saja, seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang pesat serta adanya relaksasi aturan dari OJK mengenai Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer atau KYC), proses pembukaan rekening untuk berinvestasi reksadana pun dapat dilakukan secara elektronik untuk memudahkan proses pemasaran. Oleh sebab itu, biaya transaksinya pun akan jauh lebih rendah ketimbang investor yang melakukan investasi secara langsung di bursa efek.

Reksadana sendiri terbagi ke dalam empat jenis yang berbeda.

Nah, dalam wahana investasi jenis ini, sangat mungkin terjadi risiko berupa berkurangnya nilai Unit Penyertaan akibat turunnya harga dari efek, seperti saham, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya yang masuk ke dalam portofolio reksadana tersebut. Sebagai sebuah himpunan yang terdiri dari banyaknya pemodal, investasi jenis ini akan menghasilkan biaya transaksi yang efisien pula. Karena investasinya dilakukan pada saham, maka risikonya lebih tinggi dari dua jenis Reksadana sebelumnya, namun menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. Reksadana sendiri terbagi ke dalam empat jenis yang berbeda. Reksadana merupakan paket investasi yang di dalamnya terdapat pasar uang, obligasi, atau saham. Sebagian besar investor Reksadana adalah institusi dan ritel. Bermodal ponsel dan dana yang tidak perlu terlalu besar, kamu bisa langsung memiliki investasi reksadana dengan cepat dan praktis melalui aplikasi berbasis teknologi.

Biasanya mereka melakukan ini karena budget yang terbatas untuk membeli yang original.

Profil risiko reksadana adalah gambaran tingkat risiko yang sanggup ditanggung oleh pemodal dalam berinvestasi di reksadana. Sesuai namanya, reksadana ini memiliki keunggulan dalam tingkat perlindungannya yang tinggi, yaitu sebesar 100% pada pokok nilai investasinya jika kamu akan mencairkan dana sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Dana yang diinvestasikan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan ahli dalam hal pengelolaan dana yang umumnya bersifat terbatas waktu. Jenis reksadana yang paling memberikan resiko keuntungan rendah namun juga dengan kemungkinan return yang terbatas. Biasanya mereka melakukan ini karena budget yang terbatas untuk membeli yang original. Cek juga apakah return dari investasi yang dilakukan setara dengan risiko yang diambil.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa portofolio efek adalah sebuah kumpulan dari berbagai efek atau surat-surat berharga yang dimiliki oleh seseorang atau suatu badan. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27), kamu bisa menemukan pengertian yang menjelaskan bahwa reksa dana adalah sebuah wadah yang dipergunakan untuk membuat himpunan dana dari masyarakat (sebagai pihak pemodal) yang kemudian diinvestasikan ke dalam bentuk portofolio efek oleh Manajer Investasi. Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu reksadana dan beberapa pengertian dari istilah seputar investasi berikut ini. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Reksadana, jenis-jenis, karatkteristik, dan manfaat Reksadana. Namun, kamu juga perlu membedakan antara risiko dan keamanan. Hal ini kerap membuat orang awam takut dan khawatir tentang keamanan investasi mereka. Efek adalah sebutan untuk surat-surat berharga seperti saham, surat utang, reksadana, tanda bukti utang, obligasi, dan lain sebagainya. Reksadana terproteksi memberikan proteksi atas Nilai Investasi Awal dari pemegang Unit Penyertaan melalui mekanisme pengelolaan portofolionya dengan menginvestasikan dana pada Efek Bersifat Utang yang masuk kategori layak investasi (investment grade), sehingga nilai Efek Bersifat Utang pada saat jatuh tempo sekurang-kurangnya dapat menutupi jumlah nilai yang terproteksi. Melalui portofolio efek inilah, reksadana menempatkan investasi yang merupakan bentuk kekayaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.