Sehingga anak menjadi terbiasa untuk selalu berorientasi pada target, terutama ketika mereka terjun ke dunia bisnis. Mungkin Anda pernah mendengar kata wirausaha, nah, apa itu wirausaha? “Melalui webinar ini mereka dapat belajar dari kesuksesan bisnis dari pelaku usaha yang sudah sukses di luar negeri sehingga memunculkan optimisme dan motivasi para peserta bahwa peluang tersebut sangat terbuka apalagi dengan adanya digital marketing, dimana era ini sangat dekat dengan generasi milenial,” ujarnya. Kecerdasan menjadi hal pertama yang harus dimiliki lantaran seorang wirausaha perlu pemahaman mendalam tentang bisnis. Meski begitu, menurut Richard Harroch, pakar bisnis dan penulis buku yang fokus pada entrepreneurship dan startups, minat pada kewirausahaan berada di titik tertinggi dalam sepanjang masa. Menjadi wirausaha pemula, seringkali rasanya seperti ada 100 hal yang harus dikerjakan bersamaan. Sebab, di zaman sekarang ini sudah banyak produk-produk unik yang menjadi daya tarik. Menyadari hal tersebut, Politeknik Negeri Madura (POLTERA) secara aktif dan terrencana mempersiapkan mahasiswa dan para alumninya untuk menjadi pelaku usaha di berbagai sector khususnya dibidang kemaritiman.

Seorang wirausaha harus memiliki daya kreativitas dan inovatif yang tinggi.

Pada Pelatihan Kewirasuhaan kali ini, POLTERA mendatangkan akademisi sekaligus praktisi dibidang wirausaha. Dalam berbisnis, Anda tidak hanya dihadapkan pada keberhasilan, tapi juga kegagalan sering kali Anda temukan ketika menjalankan bisnis. Meski begitu, wirausahawan juga telah melalui perhitungan yang panjang untuk menghadapi risiko ini. Sementara Wiraswasta hanya paruh waktu. Istilah wiraswasta lebih sering dikenal dan digunakan daripada wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki daya kreativitas dan inovatif yang tinggi. Berdasarkan pengertian, bisnis adalah kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari penjualan yang bisa mengembangkan perekonomian. Anda bisa melatihnya berjualan di sekolah, mengikuti kegiatan bazar, melatihnya berjualan online dengan media sosialnya, dan hal lain yang bisa Anda lakukan untuk melatih mereka berbisnis. Contohnya, Amimono. Website tersebut menawarkan kursus merajut online. Salah satunya dengan berjualan online. Oleh karenanya, Kemenpora mendorong dalam salah satu porgram yaitu pemuda kreatif, inovatif, mempunyai daya saing serta kemandirian dan tentunya semangat kewirausahaan,” ujar Menpora Amali.

Selain itu, cara menjadi wirausaha sukses ini membuat seseorang mampu berhasil di bidangnya.

Sejauh ini, program wirausaha tersebut sudah berjalan di Jakarta, Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Lampung dan Kalsel. Memiliki akses yang baik ke modal akan membantu bisnis Anda berjalan dengan lancar dan tentu saja akan mempercepat proses produksi. Jika semua target yang Anda rencanakan dari awal tercapai seluruhnya, maka bisa dikatakan bahwa bisnis Anda berhasil dan sukses. Selain itu, cara menjadi wirausaha sukses ini membuat seseorang mampu berhasil di bidangnya. Tidak mudah untuk menjadi seorang wirausaha. Oleh karena itu, perlu mendorong lebih banyak lagi mahasiswa aktif dalam menciptakan lapangan kerja melalui entrereneurship,” jelasnya. Hisyam dari jurusan Teknik bangunan Kapal berharap Semoga pelatihan ini dapat diselenggarakan tiap tahun dan ada tindak lanjut dari pelatihan yang telah dilaksanakan. Para peserta berharap agar pelatihan semacam ini dapat dilaksanakan secara berkala dan perlu adanya tindak lanjut dari pelatihan ini.

Pebisnis akan menemukan cara bagaimana mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah sosial dan masalah ekonomi dengan harapan akan menjalani kehidupan yang lebih baik. Kecerdasan ini bisa ditanam dengan rajin belajar baik itu secara formal maupun otodidak. “Bonus demografi itu harus dimanfaatkan betul. Menurut Bob, kepuasan pelangan akan membawa kepuasan pribadinya untuk itu ia selalu berusaha melayani klien sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan peserta bisa memanfaatkan waktu ini untuk mendapatkan pengalaman dari narasumber. Mengetahui tujuan usaha dapat memandu kita dalam mengambil keputusan penting di sepanjang jalan, jadi pastikan bahwa misi kita didefinisikan dengan jelas. Karakter ini jadi hal vital lantaran kejujuran merupakan tonggak berdirinya suatu bisnis. Wirausaha yang jujur akan membuat usaha berkembang pesat lantaran dipercaya baik oleh pelanggan maupun karyawan yang bekerja dengan mereka. Cara memulai usaha bisa dilakukan dengan melihat peluang bisnis. Jika lambat dalam mengambil kesempatan maka perkembangan usaha menjadi lambat sehingga penjualan produk menjadi kurang maksimal. Kesempatan yang diambil dengan cepat dapat menjadi kesempatan untuk mengeksekusi ide, mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.