Antisipasi ini memang perlu dilakukan untuk kegiatan bisnis yang sedang berjalan, termasuk di dalamnya adalah persediaan stok barang. Barang-barang tidak tersusun rapi, stok persediaan tidak mencukupi hingga ada banyak ruang kosong di dalam rak padahal stok di gudang masih menumpuk. Contoh simpelnya seperti perusahaan travel, meskipun lebih bergerak pada bidang jasa, tetapi mereka pasti mempunyai inventaris pendukung. Stok barang inilah yang bakalan disimpan di dalam gudang sebagai persediaan barang dari perusahaan guna keperluan di kemudian hari. Yang dimaksud dengan persediaan ini adalah bahan atau barang yang sudah disimpan untuk digunakan dalam memenuhi tujuan tertentu, misalnya adalah digunakan untuk proses produksi maupun distribusi. Barang jenis ini tergantung oleh sebuah proses produksi bukan karena adanya permintaan pasar atau bahasa inggrisnya dependent demand inventory. Dalam artikel berjudul why are walmart stores such a mess, Forbes menjelaskan secara gamblang kesalahan apa saja yang dilakukan oleh Walmart sehingga mereka harus merasakan kerugian yang amat besar, mulai dari stok, gudang hingga bagaimana cara setiap pegawai untuk melakukan pengelolaan. Sistem ini akan mempermudah setiap proses permintaan barang dari setiap toko yang ada sampai dengan pelacakan pengiriman barang ke setiap tempat.

Search Engine Optimizer

Kita akan melihat beberapa contoh penggunaan sistem manajemen inventory pada beberapa bidang usaha. Hampir setiap jenis usaha pasti memiliki gudang penyimpanan, entah itu usaha barang ataupun jasa. Walaupun tidak terasa, namun semakin banyak WIP yang terkumpul pada jalur produksi, ini artinya semakin banyak stok yang tidak bisa dijual maupun dikembalikan kepada supplier. Tahapan kedua setelah raw materials adalah work in process (WIP) yang merupakan proses pembuatan bahan-bahan mentah menjadi produk jadi untuk dijual kepada konsumen. Tujuan kedua adalah untuk bisa menjaga tingkat persediaan seminim mungkin, serta untuk merencanakan suatu kegiatan dalam pengiriman, penjadwalan, dan pembelian material. Mulai dari pengertian, fungsi, tujuan serta faktornya secara lengkap. Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Jenis – Jenis, Fungsi, Tujuan dan Faktornya Terlengkap. Tujuan dari hal ini sebenarnya sangat sederhana, yakni memastikan semua stok selalu dalam kondisi prima sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia.

Bolpoin, kertas, tag dan lain sebagainya tetap harus didata dengan baik untuk mencegah kerugian.

Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri. Selain itu, sebuah perusahaan juga harus memastikan stok selalu tersedia, baik di gudang ataupun di rak belanja, karena hal tersebut akan membuat pelanggan akan semakin betah berbelanja di tempat kamu sehingga tidak berpaling ke kompetitor. Misalnya dalam perusahaan sepatu, pengecekan terakhir biasanya dilakukan adalah dengan memeriksa secara detail mengenai warna dari sepatu dan kerapian penjahitan. Alat keamanan (sarung tangan, helm, sepatu kerja dll). Barang habis pakai (peralatan kantor, laboratorium, dll). Semua bisa dilakukan dengan cepat tanpa kita perlu mendatangi atau melihat satu persatu barang yang ada. Semuanya terjadi karena satu hal, yakni ketidakmampuan dalam mengelola gudang dengan baik. Bolpoin, kertas, tag dan lain sebagainya tetap harus didata dengan baik untuk mencegah kerugian. Menurut data BPS dan kementerian Koperasi, dari seluruh kelas usaha menunjukkan usaha skala kecil di indonesia menempati porsi sebesar 99%. Itu artinya hampir seluruh usaha yang ada di indonesia merupakan usaha kecil, sisanya 1 % usaha menegah dan besar. Namun stok WIP harus tetap ada supaya kapasitas jalur produksi tetap maksimal.

Kalau untuk tim keuangan, mereka juga akan jauh lebih cenderung untuk memilih pos persediaan serendah mungkin supaya bisa memaksimalkan dana yang ada untuk sebuah kebutuhan lainnya yang lebih menguntungkan. Kedigdayaan Walmart lainnya bisa terlihat dari persebaran toko yang berada di 127 negara dengan total mencapai hampir 12 ribu unit. Dengan begini, produk tersebut tidak akan berada di gudang dalam waktu yang lama sehingga terhindar dari kadaluarsa. Selain biaya awal yang cukup besar, penerapan sistem semacam ini juga memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini sekali lagi juga berujung pada peningkatan efisiensi tenaga, waktu dan sumber daya yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan kita. Mengantisipasi suatu perubahan yang terjadi pada penawaran maupun permintaan. Inventory Management adalah sebuah kegiatan untuk melakukan penghitungan, pengawasan hingga pencegahan atas hal-hal yang terjadi pada stok gudang. Dead Stock membuat gudang menjadi penuh namun tidak mempengaruhi profit perusahaan. Di tahun 2014 lalu, perusahaan milik Walton Family tersebut merugi hingga 3 miliar dollar karena permasalahan stok ini. Seseorang yang bertugas untuk dapat mengatur persediaan tentunya harus pandai untuk mengelola semua persediaan yang digunakan untuk produksi ataupun yang tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.