10 Software Akuntansi Gratis Untuk Bisnis Anda – Teknovidia

Menurut Charles T. Homgren (1993), manajemen akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu untuk memenuhi tujuan bisnis. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun dari berbagai jenis produk software akuntansi yang ditawarkan, memilih software akuntansi terbaik cukup menjadi tantangan. Memilih software akuntansi terbaik yang akurat dan terpercaya memang tidak mudah. Untuk Anda yang sedang mencari software akuntansi terbaik bagi bisnis yang dijalankan, berikut 6 hal yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, coba periksa kembali apakah Anda biaya tambahan yang mungkin tersembunyi dan tidak disebutkan. Mungkin karena kreatornya lama bekerja di perusahaan multi nasional dan banyak berkecimpung dengan bule sehingga aplikasinya dibuat sangat profesional. Bicara standar, standar aplikasinya adalah internasional. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan adalah Jurnal. Dengan hal-hal tersebut, setidaknya Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih software akuntansi yang tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Jenis software akuntansi ini digunakan oleh perusahaan besar.

program akuntansi Ada lima jurnal yang disediakan untuk perusahaan dagang, yaitu jurnal umum, jurnal khusus yang terdiri dari jurnal penjualan, kas dan pembelian, penyesuaian dan penutup. Modul ini disediakan untuk membantu teman-teman dalam menghitung penyusutan, gaji dan lain-lain sebelum dimasukkan ke dalam jurnal umum, khusus dan penyesuaian. Disediakan lebih dari satu model untuk setiap jenis laporan. Dengan bantuan aplikasi ini, tentu ada banyak fitur-fitur yang bisa diandalkan seperti data digital yang bisa diakses kapan saja mulai dari arus kas, stok persediaan, hutang piutang, dan laporan laba rugi. Padahal saat ini software akuntansi online merupakan solusi untuk pebisnis agar dapat mengakses semua data-data di mana pun dan kapan pun. Jenis software akuntansi ini digunakan oleh perusahaan besar. Suka tidak suka memang aplikasi akuntansi berbasis web ini memiliki banyak manfaat dan minimnya kesalahan dan intervensi dari pihak-pihak internal di dalam perusahaan. Sebagai software akuntansi online nomor 1 di Indonesia, Jurnal memberikan manfaat yang lengkap dan menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis perusahaan di Indonesia.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan kemudahan ketika mengimplementasikan software akuntansi di bisnis seperti mudah mentransfer data ke akuntan dan auditor, mudah menganalisa bisnis dan keuangan, dokumen keuangan (faktur dan laporan) dapat dicetak otomatis sesuai format dan standar profesional, dan lain sebagainya. Dengan bantuan software, akutansi bisnis anda akan berjalan semi otomatis dalam mengelola invoicing, purchasing, inventory dan menganalisa performa bisnismu. Aplikasi akuntansi yang dijalankan dalam cloud akan mengurangi biaya perusahaan untuk meyimpan dan mengamankana. Dan, harganya juga ramah di kantong karena sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia (aplikasi ini ada versi Inggrisnya yang harganya jauh lebih mahal). Dengan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis web saat ini, semua data akan disimpan di dalam server atau cloud sehingga anda tidak perlu takut dengan keamanan dan kerapiannya. Itu dia keunggulan dari penggunaan aplikasi akuntansi berbasis web yang bisa anda rasakan. Apabila Anda ingin menambah pengguna, dikenakan biaya Rp 22.000 per bulan.RAMA Akunting Dengan harga mulai dari Rp 199.000,- sampai Rp. Selain itu, dalam laporan laba-rugi perusahaan dagang terdapat laporan HPP (Harga Pokok Penjualan) atau harga modal sebagai pengurang dari pendapatan (disebut juga laba kotor) sebelum dikurangi dengan biaya tetap/operasional.

Harga yang ditawarkan oleh vendor untuk software akuntansi online umumnya lebih murah.

Dalam realisasi usaha di lapangan, banyak juga perusahaan jasa yang dalam transaksi sehari-hari seperti perusahaan dagang dan banyak juga yang mengkombinasikan transaksi dagang dan jasa. Modul setup berisikan bagian untuk menyiapkan aplikasi akuntansi perusahaan dagang ini sebelum digunakan untuk mengisi data transaksi secara rutin. Anda dapat mengakses data di mana saja dan kapan saja selagi ada koneksi internet, serta dapat menghubungkan dengan rekening bank online. Bagi bisnis UKM maupun UMKM, pencatatan transaksi dan keuangan bisnisnya masih mampu dihandle oleh spreadsheet. Software akuntansi Jurnal cocok digunakan oleh bisnis berskala kecil. Harga yang ditawarkan oleh vendor untuk software akuntansi online umumnya lebih murah. Software akuntansi ini tersedia secara online. Dengan menggunakan software akuntansi online Anda dapat memasukkan data, menyusun dan mencetaknya setiap saat dibutuhkan. Jangan sampai Anda membayar mahal untuk software akuntansi namun ternyata ada fitur yang tidak dibutuhkan. Dibutuhkan waktu, usaha, ketelitian, dan kebijaksanaan yang memadai. Sejauh ini sudah banyak software akuntansi buatan anak bangsa yang mewarnai dunia usaha, hal ini patut kita apresiasi, karena kualitasnya tidak kalah dengan buatan negara lain.

Tinggalkan komentar